Latest Post

Obat Herbal Ginjal Paling Manjur Obat Sakit Gigi Ngilu Paling Mujarab

Obat Gusi Sakit Di Apotik – Ada beberapa kondisi kesehatan yang menjadi momok bagi banyak orang, salah satunya adalah gusi bengkak. Gusi bengkak seringkali disertai dengan rasa sakit luar biasa yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Namun jangan khawatir, ada banyak obat-obatan yang dapat membantu mengatasi gusi bengkak. Berikut adalah beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak:

1. Obat Sakit Gigi Gusi Bengkak

Saat mengalami gusi bengkak, seringkali kita juga mengalami sakit gigi yang cukup parah. Untuk mengatasi sakit gigi sambil mempercepat penyembuhan gusi bengkak, kita bisa menggunakan obat sakit gigi gusi bengkak. Berikut adalah beberapa obat sakit gigi gusi bengkak yang bisa kita gunakan:

Asam Mefenamat Berno

Obat sakit gigi

Asam mefenamat berno adalah obat pereda nyeri yang cukup ampuh dan sering diresepkan oleh dokter gigi. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, zat yang menyebabkan peradangan. Selain itu, asam mefenamat juga bisa mengurangi demam dan sakit kepala. Namun, penggunaan asam mefenamat harus dengan resep dokter karena obat ini memiliki efek samping berupa kerusakan pada organ hati dan ginjal.

Kombinasi Ibuprofen dan Parasetamol

Ibuprofen dan parasetamol merupakan obat-obatan pereda nyeri yang sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Kombinasi kedua obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin dan meredakan nyeri. Namun, penggunaan kombinasi ibuprofen dan parasetamol juga harus dengan resep dokter karena obat ini bisa menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan, alergi, hingga kerusakan hati.

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Lupus Agar Cepat Sembuh

Antibiotik

Antibiotik

Jika gusi bengkak disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter gigi biasanya akan meresepkan antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun, penggunaan antibiotik harus dengan resep dokter karena salah penggunaan antibiotik bisa menyebabkan resistensi bakteri dan efek samping seperti diare, mual-muntah, hingga alergi.

2. Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Untuk Anda yang menghindari penggunaan obat-obatan kimia, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Berikut adalah beberapa obat alami untuk mengatasi gusi bengkak:

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat baik untuk meredakan gusi bengkak. Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Untuk menggunakannya, sapukan sedikit minyak kelapa ke gusi yang bengkak dan pijat secara perlahan selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

Jus Lemon

Jus lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan gusi. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok teh jus lemon dengan setengah sendok teh garam. Gosokkan campuran tersebut ke gusi yang bengkak selama beberapa menit. Setelah itu, bilas mulut dengan air hangat. Ulangi beberapa kali sehari.

Kompress Panas

Kompress Panas

Kompress panas bisa membantu meredakan gusi bengkak dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut. Untuk menggunakannya, rendam kain bersih ke dalam air panas dan peras hingga tidak terlalu basah. Tempelkan kain tersebut di daerah gusi yang bengkak selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali sehari. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan kompress panas terlalu lama karena bisa menyebabkan cedera pada kulit.

Apa Itu Gusi Bengkak?

Gusi bengkak adalah kondisi di mana gusi membengkak dan berwarna merah. Kondisi ini seringkali disertai dengan rasa sakit, gusi berdarah, dan kadang-kadang disertai dengan penumpukan nanah di dalam gusi. Gusi bengkak disebabkan oleh peradangan yang terjadi secara alami ketika tubuh berusaha melawan infeksi bakteri atau virus. Kondisi ini umumnya dianggap sebagai gejala dari suatu peradangan. Peradangan pada gusi juga disebut gingivitis.

Baca Juga :  Obat Sakit Nelen Dewasa Paling Mujarab

Jenis-Jenis Gusi Bengkak

Kondisi gusi bengkak dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Berikut adalah beberapa jenis gusi bengkak:

Gingivitis

Gingivitis adalah jenis gusi bengkak yang paling umum terjadi. Kondisi ini adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh plak gigi. Plak adalah lapisan getah lunak yang terbentuk di atas gigi karena adanya penumpukan bakteri. Jika plak tidak dihilangkan secara teratur, bisa menyebabkan gingivitis. Gejala yang umum dialami pada gingivitis adalah gusi bengkak, berdarah saat menyikat gigi, dan gusi terlihat kemerahan.

Periodontitis

Periodontitis adalah jenis gusi bengkak yang lebih parah dari gingivitis. Kondisi ini terjadi ketika gingivitis tidak diobati dan terus berkembang. Penyebab utama periodontitis adalah infeksi pada jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi. Gejala yang umum dialami adalah gusi bengkak, gigi goyang atau lepas, dan rasa sakit saat mengunyah makanan. Periodontitis bisa menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan jaringan sekitarnya. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diobati.

Stomatitis

Stomatitis adalah jenis gusi bengkak yang disebabkan oleh infeksi pada lapisan rongga mulut. Kondisi ini seringkali disertai dengan luka-luka kecil pada mulut, rasa sakit saat mengunyah makanan, dan gusi bengkak.

Mengapa Gusi Bengkak Terjadi?

Gusi bengkak terjadi karena adanya peradangan pada gusi. Peradangan ini terjadi ketika tubuh berusaha melawan infeksi bakteri atau virus. Berikut adalah beberapa faktor yang memicu timbulnya gusi bengkak:

Kurang Bersih

Cara yang paling umum untuk mencegah plak gigi pada sistem gigi adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Jika kita tidak membersihkan gigi atau peralatan gigi dengan baik, maka bakteri dan kotoran lainnya dapat menumpuk pada gigi. Bila hal tersebut berdampak parah, maka hal tersebut dapat memicu gusi bengkak.

Mengunyah Makanan Yang Sulit Dikunyah

Mengunyah makanan yang sulit dikunyah dapat menyebabkan luka dan iritasi pada gusi. Jika kita terus-menerus mengonsumsi makanan tersebut, maka gusi akan menjadi semakin meradang dan bengkak.

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi menyebabkan kadar zat besi dalam tubuh menjadi rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan pembentukan jaringan gusi kurang optimal dan memicu munculnya radang pada gusi.

Baca Juga :  Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh Di Apotik Untuk Dewasa

Infeksi Bakteri dan Virus

Infeksi bakteri dan virus dapat menyebabkan penyakit gusi. Salah satu bakteri yang umum menjadi penyebab penyakit gusi adalah bakteri Porphyromonas gingivalis.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab gusi bengkak banyak ragamnya. Beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:

Terlalu Sering Menyikat Gigi

Hal ini dapat merusak gusi dan menyebabkan gusi menjadi bengkak. Selain itu, dapat membuat pulp gigi terbuka dan menimbulkan infeksi pada gigi. Dalam jangka panjang, cara menyikat gigi yang salah dan terlalu sering berakibat buruk bagi kesehatan gigi dan gum.

Asupan Vitamin C yang Kurang

Vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Kurangnya asupan vitamin C dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Masalah Gigi

Masalah gigi seperti gigi berlubang, karang gigi, dan gigi goyang dapat menjadi penyebab gusi bengkak karena peradangan dan infeksi pada daerah gigi.

Obat-obatan

Banyak obat-obatan, termasuk obat pereda nyeri dan obat antihipertensi, dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Gejala Gusi Bengkak

Gusi bengkak umumnya disertai dengan beberapa gejala, antara lain:

Nyeri pada gusi

Nyeri pada gusi bisa timbul ketika kita menyikat gigi, mengunyah makanan, atau bahkan ketika tidak melakukan apa-apa. Nyeri biasanya disebabkan oleh peradangan pada gusi.

Gusi berdarah

Gusi yang bengkak seringkali disertai dengan gusi yang berdarah saat kita menyikat gigi atau menggosok gigi. Hal ini disebabkan oleh peradangan pada gusi yang memicu perdarahan.

Gusi terlihat bengkak dan memerah

Selain mengalami nyeri dan pendarahan, gusi bengkak juga biasanya terlihat bengkak dan memerah, merupakan tanda adanya peradangan di daerah tersebut.

Akibat Gusi Bengkak

Jika gusi bengkak dibiarkan tanpa pengobatan, maka bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti:

Gigi goyang atau lepas

Kondisi gusi bengkak yang parah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan sekitar gigi dan membuat gigi menjadi goyang atau bahkan tanggal.

Gigi berlubang

Peradangan pada gusi juga bisa membuat gigi menjadi berlubang dan tertekan.

Gigi Bungsu Tumbuh Tidak Normal

Kondisi gusi bengkak juga bisa mempengaruhi gigi bungsu untuk tumbuh tidak normal yang dapat meningkatkan kemungkinan kerusakan jaringan dan gigi.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menghubungkan kondisi gusi bengkak dengan peningkatan risiko penyakit jantung bahkan stroke. Hal ini terjadi karena peradangan yang terjadi pada gusi juga bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak, antara lain:

Mengekalkan Kebersihan Mulut

Mengekalkan kebersihan mulut sangat diperlukan agar bakteri dan kotoran yang menempel pada gigi dapat dihilangkan. Ini bisa dilakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan area antara gigi dengan benang gigi, dan membersihkan lidah dengan sikat gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *