Check Up Organ Reproduksi Walau Tak Hamil, Pentingkah?

Posted in Review on May 26, 2021

Mayoritas wanita akan melakukan cek kondisi organ reproduksi di dokter obgyn hanya ketika akan merencanakan kehamilan. Umumnya, wanita baru akan memeriksakan organ reproduksinya jika sudah mengalami gangguan serius. Lalu, pentingkah melakukan check up organ reproduksi di dokter obgyn Jakarta meskipun tidak sedang hamil? Temukan jawaban di sini.

dokter obgyn

Pentingnya Melakukan Check Up di Dokter Obgyn Meskipun Tidak Hamil

Melakukan cek kesehatan organ reproduksi tidak hanya dapat dilakukan ketika hamil saja. Semua wanita bisa melakukan check up kesehatan reproduksi untuk memastikan bagaimana kondisi organ reproduksinya. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, anda bisa memantau kondisi organ reproduksi anda dan dapat melakukan penanganan dini jika terjadi gangguan.

Mungkin sebagian wanita enggan melakukan itu karena merasa tidak nyaman atau risih ketika membicarakan sesuatu yang begitu intim. Namun sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena tugas dokter adalah menjaga kenyamanan anda walaupun sedang membicarakan sesuatu yang sensitif. Untuk mengatasi itu, anda bisa memilih dokter perempuan.

Anda bisa mulai melakukan check up rutin pada usia 13 hingga 15 tahun atau usia awal pubertas. Misalkan anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau selalu terasa sakit, maka sangat penting untuk melakukan pengecekan. Dokter obgyn Jakarta akan mengecek apakah ada masalah di dalam organ reproduksi anda.

 

Suasana Konsultasi Bersama Dokter Obgyn

Saat pertama kali anda membuat janji temu dengan dokter, biasanya dokter akan memulai dengan cek kesehatan secara umum, seperti mengukur tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan lain-lain. Setelah itu, dokter obgyn akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan anda, termasuk penyakit apa saja yang pernah anda alami atau keluhan lainnya.

Dalam hal ini, anda harus jujur supaya dokter bisa mengerti bagaimana kondisi kesehatan anda. Biasanya, pertanyaan yang dokter ajukan adalah seputar menstruasi dan aktivitas seksual anda. Setelah mendapatkan informasi dari anda, dokter akan menyatakan bagaimana kondisi organ reproduksi anda.

Untuk wanita yang belum aktif secara seksual, biasanya kunjungan ginekolog di dokter obgyn Jakarta terhenti sampai di sini. Namun, jika anda memiliki masalah spesifik yang memerlukan pemeriksaan lanjut, anda akan menjalani pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik ini meliputi pemeriksaan fisik dasar, pemeriksaan panggul, dan pemeriksaan bimanual.

Pada pemeriksaan fisik, anda akan diperiksa secara menyeluruh, termasuk pada bagian paling rahasia dari tubuh anda. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dengan teliti terkait dengan resiko adanya penyakit di dalam tubuh anda. Untuk itu, anda perlu untuk mencari dokter yang benar-benar nyaman bagi anda supaya anda tidak merasa risih saat menjalani pemeriksaan.

Secara umum, melakukan check up organ reproduksi tidak hanya dilakukan oleh wanita yang sedang hamil saja. Bagi wanita yang belum aktif secara seksual juga bisa melakukan pemeriksaan reproduksi guna memastikan bagaimana kondisi kesehatannya dan apakah ada resiko penyakit yang harus segera ditangani.

Ketahui Hal Lainnya : https://socialiablog.com/masalah-yang-bisa-timbul-akibat-sakit-gigi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *